Pembahasan UN Fisika Perbedaan Model Atom Thomson dan Rutherford

Posted by Admin on Wednesday, July 5, 2017 - 9:53 PM

Fisitafsi - Fisika Modern atau fisika inti. Pembahasan soal ujian nasional fisika tentang fisika modern. Menentukan perbedaan model atom Thomson dan model atom Rutherford. Apa perbedaan model atom Thomson dan model atom Rutherford? Untuk melihat perbedaan keduanya, berikut ini akan dibahas salah satu soal ujian nasional fisika tentang fisika modern yang pernah keluar pada tahun 2010. Pada soal ini, murid diminta untuk mengidentifikasi perbedaan antara model atom Thomson dan Rutherford.

(Soal UN Fisika 2010) Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
(1) Atom terdiri dari elektron yang bermuatan negatif dan inti atom yang bermuatan positif
(2) Eleketron mengorbit inti atom seperti planet mengorbit matahari
(3) Elektron mengorbit init atom pada orbit stasioner tanpa memancarkan energi.

Dari keempat pernyataan tersebut, yang membedakan model atom Thomson dan model atom Rutherford adalah pernyataan nomor ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1) saja
C. (2) saja
D. (3) saja
E. (1) dan (3) saja.

Pembahasan :
Model atom Thomson dan model atom Rutherford seringkali digabungkan menjadi model atom Thomson-Rutherford. Meski memiliki beberapa kesamaan dalam teorinya, kedua model atom ini memiliki beberapa perbedaan sehingga keduanya merupakan dua teori yang berbeda.

A. Teori Atom Thomson

Thomosn melakukan percobaan untuk menghitung muatan spesifik elektron melalui percobaan yang dilakukan pada tahun 1897. Thomson menggunakan berbagai bahan katoda dan menghasilkan nilai yang sama untuk semua bahan dan menyimpulkan bahwa semua bahan mengandung elektron.

Thomson menyimpulkan bahwa semua zat memiliki elektron dan massa elektron beribu-ribu kali lebih kecil daripada massa atom. Jadi, menurut Thomson, sebagian besar massa atom dimiliki oleh muatan positifnya dan secara keseluruhan atom adalah netral.

Berikut beberapa poin utama atom Thomson : (1) Atom bukan bagian terkecil yang tidak dapat dibagi (2) Atom berbentuk bola padat dengan muatan listrik positif tersebar merata di seluruh bagian bola dan dinetralkan oleh elektron negatif yang melekat pada bola seragam seperti kismis pada kue.

B. Teori Atom Rutherford

Rutherford menngusulkan Geiger dan Marsden untuk menguji kebenaran model atom Thomson pada tahun 1911 dengan cara menembaki lempengan tipis emas yang terdiri dari beberapa lapis atom emas dengan partikel alfa yang memiliki energi sangat tinggi.

Hasil percobaan tersebut kemudian disimplkan oleh Rutherford. Beliau menyimpulkan bawa beberapa partikel alfa dibelokkan. Dan karena partikel alfa bermuatan positif maka partikel yang membelokkannya pasti juga bermuatan positif.

Berdasarkan percobaan tersebut, Rutherford kemudian mengusulkan model atom sebagai berikut: (1) Semua muatan positif dan sebagian besar massa atom berkumpul pada inti atom, (2) Inti atom dikelilingi oleh elektron yang pda jarak relatif jauh pada lintasan sepert planet mengelilingi matahari.

Dengan demikian, salah satu poin dasar yang membedakan teori atom Thomson dan Rutherford terletak pada bentuk lintasan elektronnya. Thomson menyebut elektron tersebar seperti kismis sedangkan Rutheford menyebut elektron mengelilingi inti seperti bumi mengorbit matahari.

Pernyataan (1) dan (2) pada soal, merupakan teori atom yang diajukan oleh Bohr. Pada poin pertama, Rutherford juga memiliki pendapat yang sama namun tidak diutarakan secara jelas sedangkan pada teori atom Thomson tidak ada.
Jawaban : C

Pilih Pembahasan

0 comments :

Post a Comment